Program Rekoqnisi Pembelajaran Lampau (RPL) Mahasiswa UMS

Selamat datang di halaman Pendaftaran Program Rekoqnisi Pembelajaran Lampau (RPL) Mahasiswa UMS.

Program Rekoqnisi Pembelajaran Lampau (RPL) merupakan program bagi mahasiswa S1/S2 dengan ketentuan:
  1. Mahasiswa program Sarjana atau program Magister yang habis masa studinya dan akan melanjutkan studi dengan memperbaharui tahun masuk pada prodi yang sama di Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS).
  2. Mahasiswa PMS pada ketentuan ini juga ditujukan bagi mahasiswa program Sarjana dan Magister yang akan habis masa studinya dan tidak mampu menyelesaikan beban studi dalam jangka waktu masa studi sesuai ketentuan SN-Dikti.
  3. Mahasiswa PMS menggunakan pola transfer pindah pada program studi yang sama pada tahun akademik 2021/2022 semester genap dan hanya akan dilaksanakan sekali.
Prosedur
  1. Pelaksanaan PMS dan/atu RPL berdasar asas legalitas, aksesibilitas, kesetaraan pengakuan dan penjaminan mutu.
  2. Mengajukan surat permohonan Kepada Kaprodi/Dekan, dengan melampirkan dokumen sebagai berikut :
    • Transkrip akademik yang dilegalisir;
    • Foto copy kartu keluarga (1 lembar) atau foto copy kartu tanda penduduk (1 lembar);
    • Foto copy kartu mahasiswa lama (1 lembar);
    • Surat permohonan RPL dan/atau PMS (format terlampir di laman Surat Permohonan).
  3. Calon Mahasiswa RPL dan/atau PMS telah dinyatakan memenuhi persyaratan administrasi, akan dilakukan proses verifikasi dan seleksi oleh Tim RPL Prodi dan atau Fakultas.
  4. Kaprodi/Tim RPL dan/atau PMS prodi akan melakukan proses verifikasi dan persetujuan, jika Ketua Program Studi/Tim RPL tidak menyetujui, maka proses Selesai.
  5. Kaprodi/Dekan menyetujui dan menerbitkan persetujuan mahasiswa RPL dan/atau PMS(format terlampir di laman Surat Persetujuan)
  6. Calon mahasiswa RPL yang disetujui oleh Prodi/Dekan, melakukan pendaftran secara on line di laman ods.ums.ac.id/renewal atau klik tombol "DAFTAR" di bagian bawah halaman ini.
Ketentuan Program
  1. Sosialisasi calon mahasiswa RPL dan/atau PMS mulai tanggal 25 – 29 Juli 2022.
  2. Pendaftaran calon mahasiswa RPL dan/atau PMS mulai tanggal 1 - 27 Agustus 2022.
  3. Membayar biaya pendaftaran penerimaan mahasiswa PMS sesuai dengan ketentuan penerimaan mahasiswa baru sebesar Rp 400.000 (program Sarjana) dan Rp 500.000 (program Magister).
  4. Panitia Penerimaan Mahasiswa Baru menentukan kelayakan pemenuhan persyaratan dan administrasi umum.
  5. Bagi mahasiswa yang mendapat persetujuan dari Prodi/Dekan dan persyaratan lengkap akan diterbitkan sertifikat lulus ODS.
  6. Mahasiswa yang dinyatakan diterima melakukan registrasi sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
  7. Mahasiswa yang dinyatakan lolos dikenakan biaya pendidikan yang besarannya sesuai dengan ketentuan biaya pendidikan yang berlaku pada Tahun Akademik berjalan dan biaya heregristasi RPL dan/atau PMS sebesar Rp 750.000.
  8. Setelah mendapatkan NIM baru, mahasiswa wajib menyerahkan fotocopy KTM ke Kaprodi untuk proses konversi nilai yang diakui sesuai dalam surat persetujuan Prodi/Dekan dalam sistem ADUMS STAR
  9. Mahasiswa wajib melakukan aktivitas KRS dan Kaprodi meng-KRS mahasiswa RPL tahun akademik 2022/2023 paling lambat 3 September 2022
  10. Kaprodi mengkonversi nilai untuk pelaporan PD-Dikti paling lambat 3 September 2022.
  11. Mahasiswa wajib melakukan aktivitas KRS dengan matakuliah yang ditentukan oleh Kaprodi.
  12. Mahasiswa peserta RPL dan/atau PMS wajib terdaftar sebagai mahasiswa aktif minimal dua semeter disemester gasal 2022/2023 dan semester genap 2022/2023
  13. Mahasiswa RPL dan/atau PMS periode ini (periode terakhir) paling cepat bisa wisuda pada periode 1 tahun akademik 2023/2024 (September 2023)
  14. Untuk azas kepatutan tidak diperkenankan mengakui seluruh SKS yang pernah diperolah. SKS yang diakui maksimal 90% dari yang telah diperoleh.